Hari ke lima tidak berjalan 100 % sesuai rencana, atau mungkin kurang tepat di perencanaan.
Rencana Stimulasi :
Mengenal alat ukur dan pemakaiannya (sendok dan cup)
Aksi:
Mama menyiapkan bahan dan alat ukur sendok (1 tbs, ½ tbs, 1 tsp, ½ tsp) cup gelas, dan cup sendok (1c, ½ c, ⅓ c, ¼c)
Mama menjelaskan nama-nama setiap alat ukur dan ananda menyebutkan kembali, tetapi Ananda lebih tertarik mengelompokkan alat ukur sesuai warna.
Mama menjelaskan bahwa 1 cup berisi 16 tbs (tablespoon), lalu dibuktikan dengan mama menakar air sebanyak 16 tbs (ananda menghitung setiap kali mama meletakkan air ke dalam cup) dan ternyata benar penuh sebanyak 1 cup.
Lanjut ananda yang menakar dan mama yang berhitung.
Saat mama akan melanjutkan ke tahap pengukuran bahan kering (tepung), ananda sudah langsung menaruh mainannya di air dan bermain dengan mobilan. Tidak mau lagi mengukur.
Refleksi
Agak sulit untuk membuat ananda fokus mendengarkan penjelasan mama, melihat ada air dia sudah langsung kepikiran untuk bermain bebas.
Walaupun akhirnya dia bisa mengulang menyebutkan ukuran setiap alat ukur yang mama sebutkan dan mau menghitung. Dia ingin melakukan semuanya dengan caranya (yang artinya tidak melakukan pengukuran).
Sepertinya cara atau konsep ini mungkin kurang tepat. Lain kali akan diulang kembali dengan cara yang lebih baik.
Bintangku hari ini ⭐ ⭐ ⭐ ⭐ setidaknya mengenalkan konsep alat ukur sendok dan cup bisa dia pahami.
#harike-5
#tantangan15hari
#zona6stimulasimatematikafinansial
#pantaibentangpetualang
#kelasbundasayang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia
0 Comments
Thank you for your visit