Tiba di zona 4 tantangan 15 hari. Mengamati gaya belajar ananda dan melakukan stimulasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan Kreativitas ananda.
Selama ini hasil observasi belum tuntas karena ananda masih terus berkembang. Sejauh pengamatan dapat diketahui bahwa ananda lebih senang sesuatu yang bersifat kekuatan fisik. Kemampuan bahasa ananda masih belum sebaik anak seusianya. Untuk itu kali ini Mama akan berusaha untuk menstimulus gaya belajar ananda dalam mengungkapkan sesuatu, dalam berbicara dan berpendapat.
Nama: Ismail (4,5 tahun)
Hari ke-1
Aktivitas hari ini :
Mama mengajak ananda untuk mengenal bagian-bagian tubuh, menyebutkan namanya dan mengenalkan beberapa fungsinya. Saat ditunjukkan buku kamus bergambar, ananda tidak terlalu tertarik bahkan berusaha untuk mengalihkan ke hal lain. Mama berusaha membuat cerita menarik dan ananda kembali perhatian. Menyebutkan dan menunjukkan bagian tubuh.
Menghitung jumlah jari-jari kaki dan tangan. Selanjutnya ananda sudah tidak tertarik dan lanjut mengajak main rough and tumble (main berantem/perang-perangan). Di sini kesempatan mama mengingatkan kembali fungsi tubuh dan saat bermain tidak boleh saling menyakiti. Jika ada yang tersakiti tidak sengaja maka ikhlas menerima dan saling meminta maaf.
Proses Kreativitas :
Untuk proses Kreativitas kali ini, ananda ingin bermain dengan cat. Mama hanya membantu menyiapkan alat dan bahan. Ananda ingin membuat warna hijau tapi tidak ada. Mama ingatkan kembali untuk warna dasar yang dapat dicampur menjadi warna baru. Ananda ingat dan mencampur biru + kuning. Selanjutnya dia berkreasi membuat pohon apel dengan orang yang berusaha memetiknya di bawah pohon. Juga sebuah kupu-kupu yang kamuflase (berwarna hijau sehingga mirip daun). Mama bertanya tentang apa saja yang dia gambar.
Tujuan Belajar :
IC (Intellectual Curiosity) : ananda tertarik untuk mengetahui nama bagian tubuh dan fungsinya.
CI (Creative Imagination) : Membayangkan apa yang bisa dilakukan dengan tangan. Ananda pilih menggambar. Ananda juga membayangkan pohon apel yang banyak buahnya dengan orang di bawah pohon ingin mengambil buahnya. Juga ada kupu-kupu hijau yang sedang kamuflase dekat daun.
AD (Art of Discovery) : Ananda menemukan bahwa dua warna dicampur menghasilkan warna lain. Dia juga membuat gambar yang mampu berkisah.
NA (Nobel of Attitude) : Ananda paham bahwa tubuh ciptaan Allah. Ananda bermain dengan baik dan meminta maaf saat mama kesakitan karena pukulannya saat main rough and tumble. Ananda juga merapikan kembali perlengkapan gambarnya.
Refleksi :
Mama cukup surprised dengan hasilnya karena selama ini ananda tidak tertarik untuk menggambar. Biasanya saat menggambar atau mewarnai masih belum terlihat bentuk rupa yang jelas. Saat mama bertanya tentang apa yang dia gambar, dia juga menjelaskan dengan rinci.
Ananda senang dan bangga dengan hasil karyanya, dan saat ayahnya pulang dia juga menceritakan semuanya dengan bahagia.
Kegiatannya hari ini masih tidak terstuktur berasal dari satu kegiatan bermain. Masih agak sulit untuk membuat ananda fokus dalam jangka waktu lama. Setidaknya rangkaian kegiatan tersebut bisa dilakukan dalam satu hari. Walaupun harus diselang-seling dengan kegiatan bermain lainnya dan menonton televisi. Target ananda untuk mau bicara/mengungkapkan perasaan dan pikirannya juga tercapai. Mama belajar untuk mengatur/olah kata dengan baik agar ananda mau bercerita.
#harike1
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia
0 Comments
Thank you for your visit